Pengertian Investasi

Pengertian Investasi Terlengkap - Secara Umum Investasi adalah pembelian (dan produksi) dari modal barang yang tidak dikonsumsi tetapi digunakan untuk produksi yang akan datang (barang produksi). 
Pengertian Investasi
Ilustrasi

Bisa dikatakan juga Pengertian Investasi Merupakan usaha menanamkan faktor-faktor produksi langka dalam proyek tertentu, baik yang bersifat baru sama sekali atau perluasan proyek atau pabrik yang sudah ada untuk memperoleh manfaat keuangan dan/atau non keuangan yang layak dikemudian hari. Hampir Mirip sekali dengan Pengertian investasi menurut Ikatan Akuntansi Indonesia yang mengatakan bahwa Investasi adalah suatu aktiva yang digunakan perusahaan untuk pertumbuhan kekayaan (accreation of wealth) melalui distribusi hasil investasi (seperti: bunga, royalti, deviden dan uang sewa), untuk apresiasi nilai investasi atau untuk manfaat lain bagi perusahaan yang berinvestasi seperti manfaat yang diperoleh melalui hubungan perdagangan.

Pengertian investasi yang di ulas dalam kamus besar bahasa indonesia adalah penanaman uang atau modal dl suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keun-tungan.

Untuk Memperkuat Pengertian Investasi maka berikut ini kakak berikan beberapa Pengertian Investasi Menurut Para Ahli 

Pengertian investasi menurut Haming dan Basalamah 
investasi merupakan pengeluaran pada saat sekarang untuk membeli aktiva riil (tanah, rumah, mobil, dsb) atauaktiva keuangan dengan tujuan untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar dimasa yang akan datang, selanjutnya dikatakan investasi adalahaktivitas yang berkaitan dengan usaha penarikan sumber-sumber (dana) yangdipakai untuk mengadakan barang modal pada saat sekarang, dengan barangmodal itu akan dihasilkan aliran produk baru di masa yang akan datang.

Pengertian investasi menurut Mulyadi (2001:284) 
“Investasi adalah pengaitan sumber-sumber dalam jangka panjang untuk menghasilkan laba di masa yang akan datang.”

Pengertian investasi menurut Sadono Sukirno
Investasi dapat diartikan sebagai pengeluaran atau pembelanjaan penanam-penanam modal atau perusahaan untuk membeli barang-barangmodal dan perlengkapan-perlengkapan produksi untuk menambahkemampuan memproduksi barang-barang dan jasa-jasa yang tersedia dalam perekonomian. (Sadono Sukirno, 1997 : 107). 


Pengertian Investasi menurut James C Van Horn (1981)
kegiatan yang dilangsungkan dengan memanfaatkan kas pada masa sekarang ini, dengan tujuan untuk menghasilkan barang di masa yang akan datang.

Pengertian Investasi menurut Henry Simamora (2000:438)
Investasi adalah suatu aktiva yang digunakan oleh perusahaan untuk pertumbuhan kekayaannya melalui distribusi hasil investasi (seperti pedapatan bunga, royalty, deviden, pendapatan sewa dan lain – lain), untuk apresiasi nilai investasi, atau untuk manfaat lain bagi perusahaan yang berinvestasi, seperti manfaat yang diperoleh melalui hubungan dagang.

Pengertian Investasi menurut Fitz Gerald (1978)
aktivitas yang berkaitan dengan usaha penarikan sumber-sumber yang dipakai untuk mengadakan modal barang pada saat sekarang ini. Barang modal tersebut akan menghasilkan aliran produk baru di masa yang akan datang. Fitz Gerald juga mengungkapkan bahwa investasi yaitu aktivitas yang berkaitan dengan usaha penarikan sumber-sumber untuk dipakai mengadakan barang. Dari modal tersebut akan dihasilkan aliran produk baru di masa yang akan datang.

Pengertian investasi menurut Sunariyah (2003:4)
“Investasi adalah penanaman modal untuk satu atau lebih aktiva yang dimiliki dan biasanya berjangka waktu lama dengan harapan mendapatkan keuntungan di masa-masa yang akan datang.” Dewasa ini banyak negara-negara yang melakukan kebijaksanaan yang bertujuan untuk meningkatkan investasi baik domestik ataupun modal asing. Hal ini dilakukan oleh pemerintah sebab kegiatan investasi akan mendorong pula kegiatan ekonomi suatu negara, penyerapan tenaga kerja, peningkatan output yang dihasilkan, penghematan devisa atau bahkan penambahan devisa.


Pengertian investasi menurut Downes dan Goodman
investasi adalah investasi keuangandimana seorang investor menanamkan uangnya dalam bentuk usaha dalamwaktu tertentu dari setiap orang yang ingin memperoleh laba dari keberhasilan pekerjaannya.

Pengertian investasi menurut Tandelilin
 investasi adalah komitmen atas sejumlahdana lainnya yang dilakukan pada saat ini dengan tujuan untuk memperolehkeuntungan di masa yang akan datang.

Pengertian investasi menurut M. Suparmoko
Investasi adalah pengeluaran yang ditujukan untuk menambah atau mempertahankan persediaan kapital (capital stock). Persediaan kapital ini terdiri dari pabrik-pabrik, mesin-mesin kantor, barang tahan lama lainnya yang dipakai dalam proses produksi. Termasuk dalam persediaan kapitaladalah rumah-rumah dan persediaan barang-barang yang belum dijual atau dipakai pada tahun yang bersangkutan (inventory). Jadi investasi adalah pengeluaran yang menambah persediaan kapital. (M. Suparmoko, 1994 :79-80)

Pengertian investasi menurut Martono dan D. Agus Marjito (2002:138) 
 “Investasi merupakan penanaman dana yang dilakukan oleh suatu perusahaan kedalam suatu asset (aktiva) dengan harapan memperoleh pendapatan dimasa yang akan datang.”

Pengertian investasi menurut Deliarnov (1995, h.123)
 investasi merupakan: Pengeluaran perusahaan secara keseluruhan yang mencakup pengeluaran untuk membeli bahan baku atau material, mesin-mesin dan peralatan pabrik serta semua modal lain yang diperlukan dalam proses produksi, pengeluaran untuk keperluan bangunan kantor, bangunan tempat tinggal karyawan dan bangunan konstruksi lainnya, juga perubahan nilai stok atau barang cadangan sebagai akibat dari perubahan jumlah dan harga.

Pengertian investasi menurut Husnan (1996:5)
 “proyek investasi merupakan suatu rencana untuk menginvestasikan sumber-sumber daya, baik proyek raksasa ataupun proyek kecil untuk memperoleh manfaat pada masa yang akan datang.” Pada umumnya manfaat ini dalam bentuk nilai uang. Sedang modal, bisa saja berbentuk bukan uang, misalnya tanah, mesin, bangunan dan lain-lain.

Pengertian investasi menurut Kasmir dan Jakfar, 2012 
investasi dapat diartikan sebagai penanaman modal dalam suatu kegiatan yang memiliki jangka waktu relatif panjang dalam berbagai bidang usaha. Penanaman modal yang ditanamkan dalam arti sempit berupa proyek tertentu baik bersifat fisik atau pun non fisik, seperti proyek pendirian pabrik, jalan, jembatan, pembangunan gedung dan proyek penelitian, dan pengembangan.

Inilah Pengertian Investasi Terbaru. Oh ya, Pengertian Investasi Kakak publikasikan dengan harapan bisa membantu anda dalam emngumpulkan materi materi yang anda butuhkan. Semoga Pengertian Investasi bisa melengkapi bahan bahan materi makalah, tugas akhir, tugas sekolah, ataupun karya ilmiah yang sedang anda susun. Akhir kata kakak ucapkan Terimakasih karena telah mengunjungi blog Pengertian Bahasa. Jika Pengertian Investasi bermanfaat.. Silahkan berbagi dengan sahabat kalian di Facebook , Twitter maupun Google Plus.

15 komentar:

  1. Bagi saya, investasi bisa menjadi sangat menyenangkan jika kita pintar memilih. Hati2 penipuan atas investasi yang menjanjikan hadiah besar.

    ijin share juga ya sob, yang mau belajar gitar, mudah, dan cepat dijamin pasti bisa / kursus belajar gitar online gratis, silahkan buka situsnya di http://www.chordband.com
    situs terbaik yang gratis dan tanpa mendaftar / register.

    BalasHapus
  2. http://www.ihtiar.com/tag/jual-topi-sekolah-grosir-murah-seragam-sekolah/ terima kasih ilmunya semakin menambah wawasan pengetauan saya jika anda berkenan produk kami silakan kkontak kami

    BalasHapus
  3. terima kasih. artikelnya sungguh bermanfaat..
    MY BLOG

    BalasHapus
  4. QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID Terbaik nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 8 Permainan. ...
    See More
    Qqtaipan. Org | Qqtaipan. Net | Taipanqq. Vegas
    - you can't fight.
    Don't delay your playing victory! IMMEDIATELY REGISTER THE USER ID & play the good card.
    With minimum deposit only rp 20.000,-
    1 USER ID CAN PLAY 8 games.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker
    • BandarSakong
    • Bandar66
    We'll also make it easier for you to create an id with registration for free.
    For The Depot & withdraw process is handled by
    Our customers are professional and friendly.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    You can also play it via Android / Iphone / Ipad
    For more information please contact cs we-Online 24 hours!!
    • of: + 62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    • BB : 2B3D83BE
    Come & Join Us!

    BalasHapus
  5. Kamu Masih dapat Menemukan Sesuatu yg Menguntungkan kok Di " DOMINOHALO"
    karena selalu menawarkan Sesuatu yang lebih dari Beberapa Tempat !!!
    DAPATKAN BONUS BONUS MENARIK DARI KAMI, BUKTIKAN SEKARANG!!
    RAIHLAH KEMENANGAN HANYA BERSAMA KAMI
    info lebih lanjut\Pendaftaran(GRATIS)hubungi kontak dibawah
    Contact dominohalo
    BBM : D8885BBE
    LINE : dominohalo
    WA :+628211400725

    BalasHapus
  6. Tapi ya gitu deh... investasi mendekati hari2 politik asti anjlok semua..
    mendingan pilih yang bener2 aja deh yang aman dari inflasi juga..
    investasi yang aman dari inflasi

    BalasHapus
  7. Rumah Syariah - Perumahan Syariah

    *PERUMAHAN ISLAMI BABELAN SAKINAH RESIDENCE*‼️

    *RUMAH SYARI'AH ISLAMI TANPA BANK DI DEKAT KOTA HARAPAN INDAH !* 🛣🏘🏡

    *"BABELAN SAKINAH RESIDENCE "*
    " The Shariah Nature of Living 🏡🏡🏡.

    _*PELOPOR RUMAH SYARIAH TANPA BANK*_ DI Babelan Kota Harapan Indah Bekasi. Kawasan Primadona Akses dekat perumahan besar *KOTA HARAPAN INDAH* dan 1 menit Dari Perum. *MUTIARA GADING CITY*

    *MAU BELI KREDIT TANPA BANK DAN TANPA RIBA?.. BISA!!*

    Kredit RUMAH ZAMAN NOW itu Harus Bersih Dari Bunga Riba Bank,...In Syaa Allah.. lebih berkah dan Nyaman 😊

    *Bonus, AC, TV, KULKAS, berlaku untuk semua type* 👍💪💪💪

    *Harga jual cash mulai Rp. 440jt, dapatkan promo terbaru untuk cash kerasnya discount jadi 375jt saja*
    *Unit promo tidak terbatas selama belum ada kenaikan harga dibulan februari ini dan berlaku untuk semua type, terkecuali ruko, + konsumen masih dapat bonus AC 1/2pk 1unit, TV 32" 1unit & kulkas 1pintu 1unit*
    Semua bonus untuk konsumen Wowww....... mantappp... 👍💪💪💪

    ▶ Type yg tersedia :
    Tipe 36/72
    Tipe 45/84
    Tipe 60/100
    Tipe 90/100- dua lantai

    FASILITAS ✅
    * One gate System
    * Jalan Utama 8 meter
    * CCTV 24 jam
    * Air bersih
    * Taman Bermain
    * Sarana Olahraga
    * Sekolah Islam Terpadu
    * Rumah Tahfidz
    * Masjid raya
    * Klinik kesehatan

    KEUNGGULAN PERUMAHAN BSR :
    ✅ Lokasi pinggir Jalan Pemda Langsung
    ✅ Akses menuju Lokasi cor Beton
    ✅ Lingkungan yg Islami, ( Rumah Tahfidz, TPA, Sekolah Islam )
    ✅ 10 Menit dari Kota Harapan Indah yang full Fasilitas Publik ( Giant, Ramayana, Courts, Mitra10, Ace, Dealer mobil resmi, Waterpark )
    ✅ 20 menit dari Rencana Pintu Toll Jorr Cilincing Cibitung
    ✅ 10 menit ke Pusat Belanja Marakash dan Candrabaga Pondok Ungu
    ✅ 5 menit ke Wisata Danau Southlake MGC
    ✅ 30 menit ke Summarecon Bekasi
    ✅ Halte busway di MGC mutiara gading city (Rencana)

    *DAPATKAN PENAWARAN MENARIK UNTUK KREDIT DG MUDAH DAN DP TERJANGKAU mulai dari 30 Jt, dg Masa Kredit mulai dari 5thn -15thn*

    *BUY HOME WITHOUT RIBA*

    Hub
    0896 4479 8497


    #propertiaku #propertyaku
    https://propertiakusyariah.blogspot.com/

    BalasHapus
  8. Banyak ya macamnya alat investasi sekarang.. tapi ditengah2 itu ada yang pernah investasi ga di sektor fintech ky gini?
    p2p lending sebagai pilihan investasi

    BalasHapus
  9. Banyak ya macamnya alat investasi sekarang.. tapi ditengah2 itu ada yang pernah investasi ga di sektor fintech ky gini?
    p2p lending sebagai pilihan investasi

    BalasHapus
  10. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 8 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif : arena-domino.net
    100% Memuaskan ^-^

    BalasHapus
  11. CLAIM FREEBET: https://okeslot.online
    BONUS 100% : https://wwbola.com
    MAIN SLOT DEPOSIT PULSA: https://okeslot.xyz
    MAIN SLOT DEPOSIT PULSA: https://okeslot.com


    OkeSlot - Main Slot Deposit Pulsa Terpercaya di Indonesia

    https://okeslot.xyz/promo
    https://okeslot.com/promo

    1 ID Promo Main Slot, Fishing Game, Casino, Sportsbook, Togel, Poker terpercaya layanan 24 jam. Agen tersebar di seluruh Indonesia.


    OKESLOT merupakan Situs Judi Online dengan permainan terlengkap. Link Judi Slot
    OKESLOT merupakan Situs Judi Online dengan permainan terlengkap. Link Judi Slot

    Pasang Iklan Gratis


    Prediksi Bola


    Agen Judi Depo Pulsa Judi SlotJudi Bola Minimal 5000


    Judi SlotJudi Bola Deposit 5000

    Link Alternatif okeslot

    Link Alternatif okeslot https://forum.bandariklan.com/showthread.php?tid=25

    https://linktr.ee/okeslot

    OkeSlot - Main Slot Deposit Pulsa Terpercaya di Indonesia

    https://linktr.ee/okeslot
    https://okeslot.xyz/promo
    https://okeslot.com/promo

    1 ID Promo Main Slot, Fishing Game, Casino, Sportsbook, Togel, Poker terpercaya layanan 24 jam. Agen tersebar di seluruh Indonesia.


    OKESLOT merupakan Situs Judi Online dengan permainan terlengkap.

    BalasHapus
  12. Bingung mau ngapain? mendingan main games online bareng aku?
    cuman DP 20rbu aja kamu bisa dapatkan puluhan juta rupiah lohh?
    kamu bisa dapatkan promo promo yang lagi Hitzz
    yuu buruan segera daftarkan diri kamu
    Hanya di dewalotto
    Link alternatif :
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.com

    BalasHapus
  13. WARGANET88 adalah situs judi online deposit pulsa dengan ratusan permainan terlengkap dan terbaik
    Dengan 1 ID, bisa main slot game, tembak ikan, togel, sabung ayam, poker dan masih banyak lagi, hanya di warganet88.net


    BONUS MENARIK :
    1. BONUS MEMBER BARU 100%
    2. BONUS DEPOSIT HARIAN 30%
    3. SPESIAL BONUS MINGGUAN SLOT GAME 30%
    4. SPESIAL BONUS MINGGUAN KASINO 30%
    5. BONUS REBATE ROLLINGAN 0.88%
    6. BONUS REFERRAL 0.3%

    Deposit pulsa rate tertinggi hanya di WARGANET88 COM. Tunggu apalagi? judi online terlengkap dan mainkan slot game winrate tinggi disini

    CARI BONUS MEMBER BARU 100% UNTUK SLOT GAME DAN SPORTSBOOK?
    KLAIM DI KLAIM BONUSNYA DI warganet88.net

    DAFTAR AKUN SLOT GAME DAPAT FREECHIP ?
    KLAIM BONUSNYA DI :
    LIVE CHAT 24 JAM
    TWITTER
    INSTAGRAM

    Promo Info Judi
    Pasang Iklan Gratis
    Link Alternatif WARGANET88
    Prediksi Bola
    Prediksi Jitu

    Cerita Mesum
    Cerita semprot
    Cerita sex
    Cerita Lendir
    Cerita skandal
    Cerita bokep

    BalasHapus
  14. PASTISLOTQQ - AGEN QQSLOT ONLINE TERPERCAYA

    ======SPORTBOOK======
    - SBOBET | AFB1188 | IA E-SPORTS - CMD368 -


    ======DISKON TOGEL======
    2D – 29% X 70
    3D – 59% X 400
    4D – 66% X 3000

    ======PROMO=====
    BONUS WELCOME DEPOSIT QQSLOT
    BONUS WELCOME DEPOSIT SPORTSBOOK
    BONUS WELCOME DEPOSIT SABUNG AYAM
    BONUS WELCOME DEPOSIT TEMBAK IKAN
    BONUS ROLLINGAN SLOT 1%
    BONUS REFERRAL

    =========================
    Minimal Deposit : Rp 5.000
    Minimal Deposit Pulsa : Rp. 5.000
    Minimal Withdraw : Rp 50.000
    Proses Deposit dan Withdraw CUKUP 2 Menit

    ======HUBUNGI KAMI======
    Link PastiSlotQQ : https://marhabapilates.com
    Live Chat : https://marhabapilates.com

    https://heylink.me/pastislotqq/ << Link alternatif PastiSlotQQ 1
    https://bit.ly/3fJoQCq/ << Link alternatif PastiSlotQQ 2
    https://linktr.ee/pastislotqq/ << Link alternatif PastiSlotQQ 3

    BalasHapus